Tuesday 14 April 2015

ROMMY.1 : Ayah bangun kesiangan


novel rommy


Cerita tentang seorang ABG lucu. Tentang kesehariannya bersama dengan keluarganya dan teman-temannya. Rommy anak dari pak Heri dan ibu Yuni. Punya adik perempuan namanya Karolline berumur 8 tahun yang bercita cita menjadi pohon rambutan cipelat ( cita-cita yang aneh ) dan juga ada temen akrab Rommy yang bernama Fauzan yang lagi-lagi di tolak cewek. Mereka berdua sekolah di sekolahan yang sama di SMP Tunas Muda kelas 9. Ya udah simak cerita aja yuk:

tumah keluarga rommy


1. Ayah


Minggu pagi 09.00 WIB
      Cerita ini diawali dengan terbitnya jemuran di ufuk barat. Lho, kok jemuran? Ya iyalah jam.9 matahari jga dah nyampe zimbabwe kali. Hehe.. Tampak raut muka Mama masih ceria sambil mengibarkan jemuran di pekarangan belakang rumahnya sambil sesekali nyanyi lagu Iwan Fals yang judulnya 'Bongkar' dengan suara yang lebih mirip kodok sawah lagi nyari jodoh itu membahana ke seantero kampung.
  " mah, itu sarapannya kok cuma pisang goreng satu biji doang?? Ayah mana kenyang kalo cuma satu!!" Terdengar suara si Ayah yang agak kesal nampak kebingungan sambil menenteng piring kecil berisi pisang goreng spesial jerantah ikan peda buatan Mama.
   " hah? Masa sih? Perasaan tadi Mama gorengnya satu sisir deh Yah" jawab Mama agak kebingungan sambil menoleh kearah si Ayah.
   "Lha, ini mana ada satu sisir? Liat aja sendiri Ma" kata Ayah sambil menyodorkan piring kearah Mama setelah berdiri di dekat Mama.
  " ah, Bukannya Ayah yang makan? Hayoo.." jawab Mama tersenyum santai
  "Yee..beneran Ma. Ayah gak bohong ini lho" Ayah jengkel
  "Lho, kok bisa abis ya? Jangan-jangan di makan kucing kali Yah..."
  "Kucing mana yang doyan pisang goreng Ma??" Tanya Ayah keheranan
   "yah, kali aja Yah. Soalnya ini resep pisang goreng Mama spesial bikinnya, pake minyak goreng tanggung bulan" jawab Mama nyindir uang belanja yang mulai menipis sambil nyengir.

   Maklumlah, kalo udah masuk tanggal tua, bakat terpendam Mama suka muncul tiba tiba. Bakat nyindir orang! Hehe.. Si Ayah yang nampaknya menyadari kalau perbincangan ini sia-sia belaka dan hanya akan berujung maut bagi dirinya sendiri kemudian mengambil langkah sigap. Ayah lalu memutar badannya untuk kembali kedalam rumah agar serangan jitu Mama tidak semakin panjang lebar dan membahayakan keselamatan jiwanya. Hehe... ( lebay deh )

  "Udah gak kebagian sarapan, malah jadi pusing mikir uang belanja lagi.." kata Ayah dalam hati.
  "Mana ATM pake acara tertelan segala lagi, nasib-nasib.." Ayah kembali bergumam sambil nyelonong berlalu dengan mata berkaca kaca meratapi kartu ATM yang tertelan di mesin ATM kemarin dan juga meratapi pisang gorengnya yang terkulai lemas sebatang kara di atas piring.

   Mamapun melanjutkan ritualnya kembali jemur cucian sambil bersenandung. Kali ini lagu yang dipilihnya adalah lagu 'persahabatan bagai kepompong' karya Sinden toska.
sisa empat


  "Mencurigakan!" Tatap Ayah mengamati dengan cermat sambil mengusap dagunya mirip James bond sedang menyelidiki kasus. Di tatapnya seonggok eh, salah. sebuah piring besar yang tergeletak dimeja teras depan rumah dengan empat buah potongan pisang goreng bekas gigitan di dalamnya. 
   "Eh, Ayah. Lagi ngapain Yah?" Tanya seorang anak perempuan kecil berambut ikal panjang yang tiba-tiba muncul di depan pagar menuju ke arah Ayah yang sedang kebingungan.
  "Lin, dari mana kamu nak?..." Tanya Ayah, yang ternyata itu si Olin anak kedua si Ayah yang berumur 8 tahun adiknya Rommy.
  "Eh, Lin ini pisang goreng bekas siapa?" Sambung Ayah bertanya kepada Olin.
  "Olin abis dari rumah Sinta. itu bekas mas Romdon sama mas Fauzan tadi Yah" jawab Olin yang berjalan mendekati Ayahnya. 

      Romdon adalah kakak satu-satunya Olin. Lho, kok bisa dipanggil Rommy?? Iya, jadi gini ceritanya. Rommy itu malu banget kalau nama aslinya disebut sama orang. Kalo disebut sama kucing dia gak malu kali yak?hehe... ya enggak gitulah. Makanya biar kelihatan keren Rommy kalau kenalan sama orang, dia ngaku kalau namanya itu Rommy, terlebih kalau kenalannya sama cewek, dia selalu bilang kalau namanya itu Rommy fernandez biar dibilang masih keturunan indo gitu. Padahal sumpah! nama aslinya tuh Romdon jumadil purnomo, sesuai kartu keluarga. Beda jauh yak. Makanya cuma keluarganya doang yang gak mempan sama nama samarannya itu.
        Gara-gara pakai nama Rommy itu jugalah dulu pernah ada seorang cewek gebetannya yang niatnya mau main ke rumah Rommy tapi malah nyasar ke kampung lain gara-gara tetangga gak ada yang kenal sana Rommy. Coba kalo nyarinya Romdon jumadil purnomo anaknya Pak Heri bin Hasan, nenek-nenek lagi kesambet juga pasti langsung tau deh.hehe..

  "Oh, gitu. Sekarang mas Romdonnya mana Lin?" Tanya Ayah lagi.
  "Gak tau Yah. Tadi abis pulang lari pagi mas romdonnya pergi lagi sama mas Fauzan Yah" kata Olin sekenanya.
  "Oh, jadi yang ngabisin pisang goreng si Romdon rupanya toh" Ayah agak kesal.
  "Iya kayanya Yah. Makanya Ayah jangan tidur mulu. Jadi pantatnya di patok ayam deh.."
  "Huss! Rejekinya yang dipatok ayam tau" ucap Ayah membenarkan omongan anaknya.
  "Hehehe..Ayah, minta duit dong, buat jajan" sambung Olin lagi menatap Ayahnya sambil nyengir. Si Ayah kemudian merogoh kantong celananya dan mengeluarkan uang 2000 rupiah. Lalu diberikannya kepada Olin
  "Nih, jangan beli es yah"
  "Iya." Lalu Olin berlalu sambil tersenyum pergi lagi ke rumah Sinta.
  "Dasar Romdon bocah semprul, sarapan cuma segitu malah diabisin bareng temannya" Omel Ayah dalam hati. Lalu Ayah melangkah masuk lagi kedalam rumah.

2. Doraemon

    Celingukan sambil tolak pinggang diruang tamu sambil sesekali jongkok mencari di kolong meja dan kursi. Tampak wajah Ayah kebingungan mencari sesuatu. Well, setelah menyantap pisang goreng satu biji dan belum kenyang rupanya si Ayah masih punya hal lain untuk di pusingkan. Dan ternyata setelah diselidiki hari ini Ayah berencana mengisi hari liburnya ini dengan melakukan semua hal yang bikin pusing selama 1 hari penuh. Ya enggak dong.hehe.  Ayah tuh rupanya sedang nyari remote TV yang biasanya nangkring damai di meja ruang tamu 

  "Waduh, keburu abis deh Doraemonnya" Gumam Ayah. 

      Ayah sebenernya gak terlalu suka sama acara anak-anak tapi khusus kartun Doraemon Ayah tuh penasaran banget sama Nobita itu anak dari dulu kecil mulu. Makanya Ayah dengan sabar tiap hari minggu selalu nonton film kartun Doraemon sambil berharap kali aja Nobita tiba-tiba jadi tua. Asli! Ayah belum sadar kalau padahal sekarang udah jam setengah sepuluh. Mungkin nanti kalau udah sadar kartun Doraemonnya udah abis Ayah bakal nangis bombay sambil lari keliling kampung.hehe,
    Mama yang baru kelar upacara mengibarkan jemuran di halaman belakang jelas jadi bingung ngeliat kelakuan suami terlaknatnya eh, salah. Tercintanya kebingungan begitu. 

  "Nyari apa Yah?" Tanya Mama sambil menenteng ember bekas cucian.
  "Nyari remote TV mah, mana yak?" Jawab Ayah sambil terus mencari.
  "Tau deh, coba miskol aja Yah" jawab Mama asal sambil ngeloyor masuk kamar mandi menaruh ember cucian.
 "Emangnya lemper di miskol" kata Ayah gak mau kalah asal.
  "Yee... HP kale yang di miskol!" Mama sewot.
  "Nah, itu tau. Hahaha" Ayah tertawa.
  "Lah, ini remote Yah. sapa yang naruh diatas meja makan coba?" Kata Mama yang sudah berada di dapur mau ngambil air minum dari dispenser.

  Ayah menepuk jidatnya. Plak! menyadari keteledorannya sendiri, teringat tadi menaruh remote tv dimeja makan saat mau ngambil pisang goreng. Niatnya sih mau sarapan sambil nonton Doraemon. Tapi gara-gara pisang gorengnya abis duluan. Rencana Ayah jadi gagal total dan jadi lupa kalau tadi naruh remote tv di atas meja makan.

  "Iya ya! Ayah baru inget. Bawa sini Ma. Ayah mau nonton." Kata Ayah.
  "Iya bentar Yah..." Mama berjalan nyamperin Ayah yang sudah duduk santai di sofa depan tv. 
  "Emang apa serunya nonton remote Yah?" Mama rupanya mau balas becandaan Ayah yang tadi.
  "Nonton tv kalee!!" Gantian sekarang Ayah yang sewot.
  "Hahahaa!!" Satu sama deh jadinya. Tawa Mama meledak ke seantero sudut rumah sampai-sampai kecoa dan cicak pada lari ngumpet tunggang langgang, ketakutan dimakan sama Mama. Hihihi
********

No comments:

Post a Comment